Title:
Peran Ibu dalam Pemberian Informasi dengan Kesiapan Remaja Putri Menghadapi Menarche di SDN Palur 2 Mojobalan Sukoharjo
Author:
Abstract
Pada saat menstruasi pertama, memunculkan emosi yang tidak terkontrol dengan baik. Orang tua harus dapat memahami perubahan yang terjadi pada remaja, dengan memberikan pendidikan mengenai menarche dan seksualitas yang sedang dialami, secara otomatis anak akan mengerti dan memahami perubahan dirinya dengan baik secara fisiologis dan psikologis. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan peran ibu dalam pemberian informasi dengan kesiapan remaja putri menghadapi menarche pada siswi SD Negeri Palur 2 Mojolaban Sukoharjo. Metode: Metode penelitian menggunakan observasional analitik dengan pendekatan crossectional. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampel dengan jumlah sampel sebanyak 62 siswi dari jumlah populasi 77 siswi. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling serta teknik analisa data dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil: Hasil penelitian didapatkan p value (0,031) <0,05 terdapat hubungan antara 2 variabel. Keeratan hubungan antara kedua variabel tersebut adalah 0,295 yang artinya mempunyai keeratan rendah. Peran ibu dalam pemberian informasi tentang menarche mempunyai hubungan positif dengan kesiapan remaja putri menghadapi menarche.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32536/jrki.v1i1.4
Article Metrics
Abstract view : 3189 timesPDF - 2240 times
Cited By
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Kebidanan Indonesia
Jurnal Riset Kebidanan Indonesia
Indexing by:
Diterbitkan oleh:
AIPKEMA (Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Muhammadiyah-'Aisyiyah Indonesia)
Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292.
Telp. (0274) 4469199; CP: 081236093816; Email: aipkemajrki@gmail.com; dewik.2011@gmail.com
This work (Jurnal Riset Kebidanan Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.