Title:
Hubungan komunikasi bidan dengan tingkat kepuasan ibu hamil pada pelayanan antenatal care di Puskesmas Sawang, Aceh Utara
Author:
Abstract
Latar belakang: Komunikasi antara tenaga kesehatan dan pasien merupakan komponen esensial dalam pelayanan kesehatan, terutama dalam pelayanan antenatal care (ANC) yang berperan penting dalam menurunkan angka kematian ibu (AKI). Komunikasi yang efektif dapat meningkatkan pemahaman ibu terhadap kondisi kehamilannya dan mendorong kepatuhan terhadap anjuran medis, yang pada akhirnya berdampak pada kepuasan dan keberhasilan pelayanan. Namun, masih ditemukan keluhan terkait mutu komunikasi antara bidan dan pasien, termasuk di fasilitas kesehatan primer seperti Puskesmas Sawang. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi bidan dengan tingkat kepuasan ibu hamil di Puskesmas Sawang, Kabupaten Aceh Utara. Metode: Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif korelatif dan pendekatan cross sectional. Sampel sebanyak 40 ibu hamil dipilih menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner tertutup yang telah divalidasi. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji Chi-Square. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa seluruh responden menilai komunikasi bidan sebagai baik (100%), dan 100% responden merasa puas terhadap pelayanan ANC. Hasil uji statistic (Chi-Square) menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi bidan dan tingkat kepuasan ibu hamil (p=0,037). Simpulan: Hasil ini menunjukkan bahwa kualitas komunikasi bidan sangat memengaruhi kepuasan pasien dalam pelayanan antenatal care.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), BPS, K. K. R. (2023). Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2022. Jakarta: BKKBN.
Dinas Kesehatan Provinsi Aceh. (2022). Profil Kesehatan Provinsi Aceh 2021.
Dwiastuti, I., & Indah Sari, R. P. (2020). Komunikasi Bidan Dan Kualitas Pelayanan Antenatal Care Demi Kepuasan Ibu Hamil Di Kota Palopo. An-Nadaa: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 65. https://doi.org/10.31602/ann.v7i1.2830
Faozi, B. F., Rohmatullah, M. R., & ... (2022). Hubungan Pelayanan Antenatal Care (Anc) Dengan Kepuasan Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjungkerta. JIKSA-Jurnal Ilmu …, 4(2), 42–47. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jiksa/article/view/637%0Ahttps://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jiksa/article/download/637/284
Farid, A. S. (2020). Strategi Peningkatan Kualitas Komunikasi Publik Di Level Pemerintahan Desa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(4), 813–820. https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.153
Febriani, A. (2022). Proses komunikasi informatif antara dosen dan mahasiswa di masa pandemi covid-19 fakultas ushuludin adab dan dakwah. 1(1), 17–24.
Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pelayanan Antenatal Terpadu 2020 Ed.3. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia: Vol. III (Issue 3). https://repository.kemkes.go.id/book/147
Lusy Pratiwi, & Bunda, T. (2021). Bunda Edu-Midwifery Journal (Bemj) Hubungan Komunikasi Terapeutik Bidan Terhadap Kepuasan Ibu Bersalin Di Bpm Mm Kota Serang. Bunda Edu-Midwifery Journal , 4(2).
Putri, M. A., et al. (2022). Dampak usia dan pendidikan terhadap kepuasan pasien dalam komunikasi kesehatan. Jurnal Kesehatan Indonesia, 15(1), 45–53.
Rahmawati, N., & Lestari, R. (2019). Hubungan pekerjaan ibu dengan keteraturan kunjungan antenatal care. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 7(1), 15–20. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/jik.v7i1.2019
Satra Yunola, & Siti Amallia. (2023). Hubungan Pendidikan Dan Umur Ibu Dengan Kepatuhan Kunjungan Anc Di Pmb Tahun 2023. Jurnal Kesehatan : Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 13(2), 100–106. https://doi.org/10.52395/jkjims.v13i2.381
(WHO), W. H. O. (2022). WHO Recommendations on Antenatal Care for a Positive Pregnancy Experience. Geneva: WHO. https://www.who.int/publications/i/item/9789241549912
Yunie, C., ST, S., & Ringganis, G. (2022). Komunikasi Konseling Dalam Pelayanan Kebidanan Di Indonesia (Literature Review). Komunikasi Konseling Dalam Pelayanan Kebidanan Di Indonesia (Literature Review), 2(13), 22–28. http://www.ejurnal.stikesrespati-tsm.ac.id/index.php/bidkes/article/view/433
DOI: https://doi.org/10.32536/jrki.v9i1.336
Article Metrics
Abstract view : 7 timesPDF - 1 times
Cited By
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Kebidanan Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Riset Kebidanan Indonesia
Indexing by:
Diterbitkan oleh:
AIPKEMA (Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Muhammadiyah-'Aisyiyah Indonesia)
Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292.
Telp. (0274) 4469199; CP: 081236093816; Email: aipkemajrki@gmail.com; dewik.2011@gmail.com

This work (Jurnal Riset Kebidanan Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.