Title:


Efektivitas Terapi Musik Klasik terhadap Nyeri Disminorea


Author:


Mail Amirul Amalia(1*)

(1) Stikes Muhammadiyah Lamongan, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.32536/jrki.v1i2.9| Abstract views : 3807 | PDF views : 2601

Abstract


Disminorea menyebabkan aktivitas belajar dalam pembelajaran bisa terganggu dan menurunkan prestasi belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian terapi musik klasik terhadap nyeri disminorea pada mahasiswi Prodi D-III Kebidanan di STIKES Muhmmadiyah Lamongan. Metode desain penelitian menggunakan pre experimental design dengan rancangan one group pretest posttest design. Sampel penelitian adalah mahasiswi DIII Kebidanan semester 2 dengan jumlah 32 mahasiswa. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji paired t-Test dengan tingkat kesalahan (Q = 0,05). Hasil menunjukkan rata-rata tingkat nyeri disminorea mahasiswi sebelum diberikan terapi adalah 4,84 dan setelah diberikan terapi musik sebesar 3,03. Sehingga rata-rata penurunan nyeri 1,8. Hasil uji paired t-Test menunjukkan nilai p = 0.000 (p<0.05). Kesimpulan adalah adanya pengaruh pemberian terapi musik klasik terhadap intensitas nyeri disminoroe.


Keywords


Terapi;terapi musik klasik;Disminoroe;

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32536/jrki.v1i2.9

Article Metrics

Abstract view : 3807 times
PDF - 2601 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Kebidanan Indonesia



Jurnal Riset Kebidanan Indonesia


Indexing by:

ipiii.png Jurnal Riset Kebidanan Indonesia Jurnal Riset Kebidanan Indonesia

Diterbitkan oleh:
AIPKEMA (Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Muhammadiyah-'Aisyiyah Indonesia)

Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292.
Telp. (0274) 4469199; CP: 081236093816; Email: aipkemajrki@gmail.com; dewik.2011@gmail.com


Creative Commons License
This work (Jurnal Riset Kebidanan Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.