Title:


Hubungan Peranserta Kader dengan Keikutsertaan Ibu Hamil Trimester III dalam Kelas Ibu Hamil di wilayah Puskesmas Delanggu Klaten


Author:


Mail Rohmah Ayu Mumpuni(1*)
Mail Wiwin Rohmawati(2)

(1) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Klaten, Indonesia
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Klaten, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.32536/jrki.v1i1.3| Abstract views : 2666 | PDF views : 1767

Abstract


Kelas ibu hamil merupakan sarana ibu-ibu hamil untuk belajar bersama diskusi dan tukar pengalaman tentang kesehatan Ibu dan Anak. Peran yang dapat dilakukan oleh kader untuk mendukung pelaksanaan kelas ibu hamil salah satunya yaitu dengan memotivasi ibu hamil dan keluarganya agar mau mengikuti kelas ibu hamil. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan peran serta kader dengan keikutsertaan ibu hamil dalam kelas ibu hamil di Wilayah Puskesmas Delanggu. Penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah seluruh kader dan ibu hamil TM III yang mengikuti kelas ibu hamil di Wilayah Puskesmas Delanggu Kabupaten Klaten dengan jumlah 48 kader dan 52 ibu hamin TM III. Data di analisis menggunakan uji Chi Square. Penelitian menunjukkan bahwa peran serta kader sebanyak 27 kader (56,3%) adalah baik, keikut sertaan ibu hamil dalam kelas ibu hamil sebanyak 31 orang (64,6%) adalah aktif dan p- value sebesar 0,000 (p<0,05). Simpulan: Ada hubungan antara peran serta kader dengan keikutsertaan ibu hamil TM III dalam kelas ibu hamil. Saran bagi kader harus lebih membantu bidan dalam menginformasikan adanya pelaksanaan kelas ibu hamil di wilayah masing-masing. dan ibu hamil agar lebih mawas diri untuk menjaga kehamilannya dengan mengenali deteksi resiko dini kehamilannya melalui pembelajaran dalam kelas ibu hamil.


Keywords


Peran serta kader;Ibu hamil;Kelas ibu hamil;

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.32536/jrki.v1i1.3

Article Metrics

Abstract view : 2666 times
PDF - 1767 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Kebidanan Indonesia



Jurnal Riset Kebidanan Indonesia


Indexing by:

ipiii.png Jurnal Riset Kebidanan Indonesia Jurnal Riset Kebidanan Indonesia

Diterbitkan oleh:
AIPKEMA (Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Muhammadiyah-'Aisyiyah Indonesia)

Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292.
Telp. (0274) 4469199; CP: 081236093816; Email: aipkemajrki@gmail.com; dewik.2011@gmail.com


Creative Commons License
This work (Jurnal Riset Kebidanan Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.