Title:
Pengaruh kualitas pelayanan bidan terhadap kepuasan ibu saat persalinan di Puskesmas Kandangan Kabupaten Temanggung Jawa Tengah
Author:
Abstract
Latar belakang: Mutu pelayanan kesehatan belum memenuhi harapan masyarakat sehingga fasilitas layanan kesehatan milik pemerintah kurang dimanfaatkan dengan baik. Kepuasan pasien menjadi komponen penting karena merupakan tujuan dari peningkatan mutu layanan kesehatan. Bidan merupakan salah satu tenaga kesehatan professional yang memberikan pelayanan berkualitas sehingga dapat meningkatkan kepuasan bagi pasien yang menerima pelayanan. Tujuan Penelitian: Mengatahui pengaruh kualitas pelayanan bidan terhadap kepuasan ibu saat persalinan di Puskesmas Kandangan Temanggung. Metode: Survei analitik dengan pendekatan cross sectional digunakan dalam penelitian ini. Populasi sebesar 72 ibu bersalin dari bulan Januari sampai Maret 2023. Teknik sampling menggunakan simple random sampling. Analisis data memakai rumus Fisher's Exact Test. Hasil: Kualitas pelayanan bidan berpengaruh terhadap kepuasan ibu saat bersalin di Puskesmas Kandangan Temanggung Jawa Tengah dengan hasil uji rumus Fisher’s Exact Test p-value < (0,05). Simpulan: Kualitas pelayanan bidan berpengaruh terhadap kepuasan ibu saat bersalin di Puskesmas Kandangan Temanggung Jawa Tengah dengan hasil analisis rumus Fisher’s Exact Test p-value < (0,05)
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriasan, S. (2016). Manajemen Pemasaran Jasa Perhotelan. Deepublish.
Astuti, R. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Persalinan Di Puskesmas Kandangan Kabupaten Temanggung. Stie Bank Bpd Jateng.
Chalid, M. T., & Hasanuddin, U. (2017). Upaya Menurunkan Angka Kematian Ibu : December 2016.
Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. (2021). Profil Kesehatan Jawa Tengah Tahun 2021.
Dinkes Temanggung. (2021). Data Pokok Dinas Kesehatan Temanggung. In Data Pokok Dinas Kesehatan.
Gurning, F. P. (2017). Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan (1st Ed.). Perdana Medika.
Kemenkes Ri. (2021). Profil Kesehatan Indonesia. In
Pusdatin.Kemenkes.Go.Id.
Kotler. (2014). Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta Indeks.
Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik.
Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Ykpn.
Muninjaya, A. A. G. (2015). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan (Edisi 2). Egc.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Pt. Rineka Cipta.
Lustiyani, D., Ndruru, P., Wau, H., & Manalu, P. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Persalinan Dengan Kepuasan Ibu Bersalin Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak (Rsia) Sriratu Medan. 1, 1–11.
Gurning, F. P. (2017). Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan (1st Ed.). Perdana Medika.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Salemba.
Roni Iryadi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bidan Terhadap Kepuasan Pasien Kia Di Puskesmas Pangenan Kabupaten Cirebon. Jurnal Cahaya Mandalika Issn 2721-4796 (Online), 1(3), 60–65.
Https://Doi.Org/10.36312/Jcm.V1i3.189 Masitoh, S., Yulfitria, F., & Dwi Wahyuni, E. (2022).
Prosiding Seminar Nasional Poltekkes Jakarta III 2022 DI PMB BIDAN ANI WAHYU. 22–29
DOI: https://doi.org/10.32536/jrki.v8i2.289
Article Metrics
Abstract view : 59 timesPDF - 8 times
Cited By
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Riset Kebidanan Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Riset Kebidanan Indonesia
Indexing by:
Diterbitkan oleh:
AIPKEMA (Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Muhammadiyah-'Aisyiyah Indonesia)
Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292.
Telp. (0274) 4469199; CP: 081236093816; Email: aipkemajrki@gmail.com; dewik.2011@gmail.com

This work (Jurnal Riset Kebidanan Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.