Title:


Rancangan salikasi “Bidan-Ku” berbasis android dalam meningkatkan pelayanan kebidanan terhadap WUS (Wanita Usia Subur) di masa pandemi Covid 19 PMB di Kota Bengkulu


Author:


Mail Wewet Savitri(1*)
Mail Eliana Eliana(2)
Mail Desi Widiyanti(3)

(1) Poltekkes Kemenkes Bengkulu, Indonesia
(2) Poltekkes Kemenkes Bengkulu, Indonesia
(3) Poltekkes Kemenkes Bengkulu, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.32536/jrki.v7i1.247| Abstract views : 1006 | PDF views : 199

Abstract


Latar belakang: Aplikasi mobile berbasis android menjadi salah satu alat yang digunakan sebagai media komunikasi antar profesi kesehatan karena hampir seluruh masyarakat baik di kota maupun di desa saat ini telah menggunakan smartphone. Tujuan penelitian: untuk membuat suatu aplikasi mobile berbasis android. Metode : mengguakan metode Waterfall yang memiliki tahapan Requirement, Design, Implementation, Verification dan Operation & Maintenance. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian instrumen berupa angket/kuesioner yang menggunakan standar ISO 25010 (functional suitability, usability, reliability, dan performance efficiency) dengan jumlah sample sebanyak 32 orang serta pengujian sistem dilakukan oleh 2 orang ahli. Hasil: Hasil Pegujian sistem Menggunakan Black Box Testing didapatkan hasil 90,91% dan Hasil Uji Kelayakan Sistem dengan ISO 25010 didapatkan hasil dari Pengujian Reliability (87,71%), Pengujian Functional Suitability (100%), Pengujian Performance Efficiency (100%), Pengujian Usability (100%). Berdasarkan perhitungan Skala Guttman hasil yang didapatkan dari pegujian aspek tersebut adalah Aplikasi Bidan-Ku di Interpretasi sangat layak dengan rentang penilaian (81% - 100%). Simpulan: Aplikasi Bidan-Ku sangat layak sebagai aplikasi mobile berbasis android dalam meningkatkan Pelayanan Kebidanan Terhadap WUS (Wanita Usia Subur) Di masa Pandemi Covid 19.

Keywords


Bidan;Aplikasi;Bidan-Ku Pelayanan Kesehatan;WUS;

Full Text:

PDF

References


Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu Tahun 2020. Padang: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Falah, F., & Syamsidar, S. (2021). Pengaruh Penerapan Aplikasi Chatbot Sebagai Media Informasi Online Terhadap Kepuasan Pengguna Layanan Kesehatan Primer Di Masa Pandemik Covid-19. Bina Generasi: Jurnal Kesehatan, 12(2), 18-23.

Hendayani, S. N. E., & Setiowati, T. (2020). Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil, MenyusuiI Dan Akseptor KB Melalui Teleheath Dengan Model On-line Video Consultation:(Kegiatan Pengadian Masyarakat). Journal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 1(1), 28-31.

Irianti, B., Fadly, F., & Nursta’adah, U. (2021). Mendekatkan Pelayanan Bidan Dalam Masa Covid-19 (Konsultasi Online Kebidanan Pada Masa Pandemik). Prosiding Penelitian Pendidikan dan Pengabdian 2021, 1(1), 1119-1125.

Kemenkes. (2021). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020. Jakarta: Kemenkes RI.

Liu, L., Gu, J., Shao, F., Liang, X., Yue, L., Cheng, Q., & Zhang, L. (2020). Application and preliminary outcomes of remote diagnosis and treatment during the COVID-19 outbreak: retrospective cohort study. JMIR mHealth and uHealth, 8(7), e19417.Nielsen, Jakob. (2012). Usability 101: Introduction to Usability. All Usability.

Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to Usability. Nielsen NormanGroup. Retrieved 12 August 2020, fromhttps://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/.

Pressman, Roger, S. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak.Pendekatan Praktisi. Edisi 7. Yogyakarta : Andi

R.S Pressman. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi), Yogyakarta : Penerbit ANDI.

Sesilia, A. P., 2020. Kepuasan Pasien Menggunakan Layanan Kesehatan Teknologi (Tele-Health) di Masa Pandemi COVID-19: Efek Mediasi Kualitas Pelayanan Kesehatan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 1(3), pp. 251-260.




DOI: https://doi.org/10.32536/jrki.v7i1.247

Article Metrics

Abstract view : 1006 times
PDF - 199 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Riset Kebidanan Indonesia


Indexing by:

ipiii.png Jurnal Riset Kebidanan Indonesia Jurnal Riset Kebidanan Indonesia

Diterbitkan oleh:
AIPKEMA (Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Muhammadiyah-'Aisyiyah Indonesia)

Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292.
Telp. (0274) 4469199; CP: 081236093816; Email: aipkemajrki@gmail.com; dewik.2011@gmail.com


Creative Commons License
This work (Jurnal Riset Kebidanan Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.