Title:


Phantom kain sederhana sebagai media pembelajaran asuhan persalinan


Author:


Mail Riza Amalia(1*)
Mail Fitria Zuhriyatun(2)
Mail Wanodya Hapsari(3)

(1) Poltekkes Kemenkes Semarang, Indonesia
(2) Poltekkes Kemenkes Semarang, Indonesia
(3) Poltekkes Kemenkes Semarang, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.32536/jrki.v6i1.209| Abstract views : 398 | PDF views : 67

Abstract


Latar belakang: Dalam pendidikan kebidanan, media pembelajaran sangat penting dalam membantu mahasiswa untuk menyediakan informasi, mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan indera serta membuat proses belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Salah satu kompetensi yang wajib dikuasai oleh bidan yaitu Asuhan Persalinan Normal. Masa pandemic covid-19 ketika mahasiswa tidak bisa datang langsung ke laboratorium, dosen dituntut untuk berinovasi dan kreatif dalam membuat media pembelajaran. Adanya media pembelajaran yang menunjang ketika mahasiswa dirumah, akan tetap bisa melatih skill Asuhan persalinan. Tujuan penelitian: menghasilkan inovasi “phantom kain sederhana” sebagai media pembelajaran Asuhan Persalinan Normal pada mahasiswa kebidanan. Metode: Desain Penelitian yaitu Research and Development yang menghasilkan produk berupa phantom kain sederhana dan melakukan penilaian pada media tersebut. Proses pengembangan media dengan membuat bayi berbahan kain, plasenta, tali pusat, serta vulva, selanjutnya diberikan audio tangisan bayi, dan proses uji coba. Hasil: terbentuknya phantom kain sederhana sebagai media pembelajaran Asuhan persalinan. Simpulan: Phantom kain sederhana kevalidannya sebesar 87%, sehingga produk dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran


Keywords


Media pembelajaran; Phantom kain sederhana; Asuhan Persalinan;

Full Text:

PDF

References


Anwar, G. M. et al. (2013) ‘Establishment of First Skills Lab in Pediatric Department–Kasr Alainy School of Medicine’, Egyptian Pediatric Association Gazette, 61(1), pp. 1–6.

Hadi, S. P. I. et al. (2017) ‘The development of e-partograph module as a learning platform for midwifery students: The ADDIE model’, Belitung Nursing Journal, 3(2), pp. 148–156.

Hardianti, S., Syarif, S. and Ahmad, M. (2021) ‘The Effectiveness of Web-Based Learning Media Towards Skills of Midwifery D-III Students on the Second Stage of Childbirth Care Practicum’, Design Engineering, pp. 3558–3567.

Kustandi, C. and Darmawan, D. (2020) Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada media.

Kustini, K. (2018) ‘Perbedaan Keterampilan Pertolongan Persalinan Normal antara Media Model dan Media Vidio Pada Mahasiswa Semester Tiga di Prodi DIII Kebidanan STIKES Muhammadiyah Lamongan Tahun 2016', Jurnal Midpro, 9(2), p. 8.

Lauter, J. et al. (2017) ‘Tutor-led teaching of procedural skills in the skills lab: Complexity, relevance and teaching competence from the medical teacher, tutor and student perspective’, Zeitschrift für Evidenz, Fortbildung und Qualität im Gesundheitswesen, 122, pp. 54–60.

Lendahls, L. and Oscarsson, M. G. (2017) ‘Midwifery students’ experiences of simulation-and skills training’, Nurse education today, 50, pp. 12–16.

Menkes (2020) Kepmenkes RI No HK.01.07/MENKES/320/2020 Tentang Standar Profesi Bidan. Indonesia.

Poltekkes Kemenkes Semarang (2017) Kurikulum Prodi D III Kebidanan Purwokerto Poltekkes Kemenkes Semarang. Banyumas.

Purnamaningrum, Y. E. and Hernayanti, M. R. (2018) ‘The Advance Of Audio Visual Learning Media For Children Development Examination By Using Pre Screening Developmental Questionnaire For Midwifery Students’, Jurnal Kesehatan Ibu dan Anak, 12(1), pp. 7–17.

Rijanto, R., Pipitcahyani, T. I. and Islamiah, A. (2021) ‘Improving the Learning Ability of INC Practicum for Midwifery Students through Simple Phantom Learning Media’, Aloha International Journal of Health Advancement (AIJHA), 4(2), pp. 45–49.

Sari, P. (2019) ‘Analisis terhadap kerucut pengalaman Edgar Dale dan keragaman gaya belajar untuk memilih media yang tepat dalam pembelajaran’, Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), pp. 58–78.

Sumiharsono, R. and Hasanah, H. (2017) Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi.




DOI: https://doi.org/10.32536/jrki.v6i1.209

Article Metrics

Abstract view : 398 times
PDF - 67 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Riset Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Riset Kebidanan Indonesia


Indexing by:

ipiii.png Jurnal Riset Kebidanan Indonesia Jurnal Riset Kebidanan Indonesia

Diterbitkan oleh:
AIPKEMA (Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Muhammadiyah-'Aisyiyah Indonesia)

Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292.
Telp. (0274) 4469199; CP: 081236093816; Email: aipkemajrki@gmail.com; dewik.2011@gmail.com


Creative Commons License
This work (Jurnal Riset Kebidanan Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.