Title:


Kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP) berbasis android sebagai media pembelajaran


Author:


Mail Aulia Ridla Fauzi(1*)
Mail Neli Sunarni(2)
Mail Rosidah Solihah(3)

(1) STIKes Muhammadiyah Ciamis, Indonesia
(2) STIKes Muhammadiyah Ciamis, Indonesia
(3) STIKes Muhammadiyah Ciamis, Indonesia
(*) Corresponding Author
10.32536/jrki.v7i1.196| Abstract views : 594 | PDF views : 79

Abstract


Latar belakang: Keterlambatan perkembangan anak pada masa emas terjadi karena kurangnya stimulasi pada otak. Salah satu instrumen deteksi dini perkembangan pada anak adalah kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP). Pemantauan tersebut merupakan salah satu kewenangan Bidan. Selama ini, pengisian KPSP dilakukan secara konvensional dari lembaran kertas formular. Maka dari itu, diciptakan sebuah terobosan dengan membuat aplikasi KPSP berbasis android yang digunakan dalam proses pembelajaran mahasiswa. Tujuan penelitian: Merancang dan membangun format deteksi dini perkembangan (KPSP) berbasis android yang dipasang pada smartphone agar memudahkan mahasiswa dalam proses skrining. Metode: Desain penelitian ini adalah rancang bangun dengan pendekatan waterfall tahapan software development life cycle (SDLC) dan dianalisis menggunakan User Experiment Questionnaire (UEQ). Responden terdiri dari mahasiswa D3 Kebidanan semester 4 dan 6. Hasil: Statistik data menunjukkan interpretasi seluruh komponen 50% hasil yang baik/memuaskan dan 25% lainnya tidak memuaskan. Empat komponen bernilai positif dari aplikasi KPSP diantaranya adalah daya tarik, kejelasan, efisiensi, dan ketepatan. Sedangkan komponen stimulasi dan kebaruan bernilai netral. Simpulan: Aplikasi KPSP perlu perbaikan pada aspek kebaruan, keterbatasan tampilan (user interface), isi, dan bahasa aplikasi ini perlu dimodifikasi agar lebih interaktif dan mutakhir sesuai dengan minat pengguna.

Keywords


Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP);Aplikasi Android;Media Pembelajaran;

Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., ... & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Apriningrum, N., Carudin, C., & Rahayu, M. A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi KPSP Berbasis Android Bagi Anak Balita Sampai Pra Sekolah di Kabupaten Karawang. JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 6(4), 204-209.

Díaz-Oreiro, I., López, G., Quesada, L., & Guerrero, L. (2019). Standardized questionnaires for user experience evaluation: A systematic literature review. UCAml 2019, 14.

Guevara, J. P., Gerdes, M., Localio, R., Huang, Y. V., Pinto-Martin, J., Minkovitz, C. S., ... & Pati, S. (2013). Effectiveness of developmental screening in an urban setting. Pediatrics, 131(1), 30-37.

Kemenkes RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 66 Tahun 2014 tentang Pemantauan Pertumbuhan, Perkembangan, dan Gangguan Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Kemenkes RI

Kementrian Kesehatan RI. (2016). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi, dan Intervensi Tumbuh Kembang Anak. Departemen Kesehatan Keluarga. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI

Hanafi, H. (2017). Konsep penelitian R&D dalam bidang pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150.

Prodi D3 Kebidanan STIKes Muhammadiyah Ciamis. (2019). Kurikulum Prodi D3 Kebidanan Tahun

Ciamis.

Santoso, H. B., Schrepp, M., Isal, R., Utomo, A. Y., & Priyogi, B. (2016). Measuring user experience of the student-centered e-learning environment. Journal of Educators Online, 13(1), 58-79.

Saputro, B. (2017). Manajemen penelitian pengembangan (research & development) bagi penyusun tesis dan disertasi. Aswaja Presindo.

Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2014). Applying the user experience questionnaire (UEQ) in different evaluation scenarios. In Design, User Experience, and Usability. Theories, Methods, and Tools for Designing the User Experience: Third International Conference, DUXU 2014, Held as Part of HCI International 2014, Heraklion, Crete, Greece, June 22-27, 2014, Proceedings, Part I 3 (pp. 383-392). Springer International Publishing.

Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2017). Design and evaluation of a short version of the user experience questionnaire (UEQ-S). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4 (6), 103-108.

Windiyani, W., Sundari, S. W., & Nurdianti, D. (2019). Rancang bangun aplikasi Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak (SDIDTK) bagi bidan di posyandu. Jurnal Riset Kebidanan Indonesia, 3(2), 87-94.




DOI: https://doi.org/10.32536/jrki.v7i1.196

Article Metrics

Abstract view : 594 times
PDF - 79 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Riset Kebidanan Indonesia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Riset Kebidanan Indonesia


Indexing by:

ipiii.png Jurnal Riset Kebidanan Indonesia Jurnal Riset Kebidanan Indonesia

Diterbitkan oleh:
AIPKEMA (Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Muhammadiyah-'Aisyiyah Indonesia)

Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292.
Telp. (0274) 4469199; CP: 081236093816; Email: aipkemajrki@gmail.com; dewik.2011@gmail.com


Creative Commons License
This work (Jurnal Riset Kebidanan Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.