Title:
Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN 3 Buntalan Klaten Tengah
Author:
Abstract
Status gizi anak dengan cerminan kecukupan gizi, merupakan salah satu tolak ukur penting untuk menilai keadaan pertumbuhan dan status kesehatannya. Di Indonesia kasus anak yang mengalami gizi kurang sebesar 43,7%. Tujuan penelitian adalah mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa kelas V di SDN 3 Buntalan Klaten Tengah Tahun 2014. Metode penelitian menggunakan metode observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 3 Buntalan Klaten Tengah. Populasi sebanyak 34 anak. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Instrumen dalam penelitian ini antara lain alat pengukur tinggi badan (microtoise), alat penimbang erat badan (timbangan injak), kartu menuju sehat (KMS) dan lembar dokumentasi. Analisa data dengan menggunakan uji Kendall Tau. Hasil penelitian menunjukkan status gizi siswa sebagian besar adalah baik sebanyak 21 anak (61,76%). Prestasi belajar anak sebagian besar adalah baik sebanyak 24 anak (70,59%). Ada hubungan status gizi siswa dengan prestasi belajar dengan p-value = 0,006. Kesimpulan adalah adanya hubungan yang bermakna antara status gizi dengan prestasi belajar pada anak SD kelas V di SDN 3 Buntalan Klaten Tengah.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.32536/jrki.v1i2.12
Article Metrics
Abstract view : 3498 timesPDF - 1652 times
Cited By
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Kebidanan Indonesia
Jurnal Riset Kebidanan Indonesia
Indexing by:
Diterbitkan oleh:
AIPKEMA (Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Muhammadiyah-'Aisyiyah Indonesia)
Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292.
Telp. (0274) 4469199; CP: 081236093816; Email: aipkemajrki@gmail.com; dewik.2011@gmail.com
This work (Jurnal Riset Kebidanan Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.