Title:


IbM “PENDEKKAR BIMA” (Pendidikan Kesehatan Kader Dan Remaja Berbasis Masyarakat ) sebagai penguatan kinerja melalui pelatihan pemeriksaan darah di Posyandu Jambu Desa Bogoran


Author:


Mail belian Anugrah Estri(1*)

(1) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta, 
(*) Corresponding Author
10.32536/jiak.v1i2.173| Abstract views : 1656 | PDF views : 296

Abstract


Kegiatan ini memaparkan hasil pelaksanaan Iptek bagi Masyarakat (IbM) dalam bentuk pendidikan kesehatan kader dan remaja berbasis masyarakat ) sebagai penguatan kinerja  melalui pelatihan pemeriksaan  darah di posyandu jambu desa Bogoran. Tujuan program  ini menumbuhkan kepedulian remaja dalam kesehatan di masyarakat salah satunya kesehatan lansia, serta menggerakkan peran aktif dan mandiri dari kader lansia dalam pemeriksaan darah kolestrol, asam urat, dll.

 Target Luaran yang dihasilkan adalah 10 peserta pelatihan yang terdiri remaja pkk dan kader posyandu lansia yang telah aktif dalam mengikuti pelatihan pemeriksaan darah kolesterol, asam urat, glukosa darah dan hb. Diharapkan dengan partisipasi aktif ini akan menumbuhkan semangat kader dalam memberikan pelayanan di masyarakat serta membentuk kemandirian kader dalam deteksi dini penyakit yang sering dialami lansia. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pelayanan dengan baik dan mandiri dalam peningkatan kesehatan lansia, serta melalui etos kerja  kader MAU belajar dan harus MAMPU melakukan peningkatan kesehatan di masyarakat salah satunya dengan ketrampilan pemeriksaan darah ini.


Keywords


kader, lansia, remaja

Full Text:

PDF

References


Artikel dalam jurnal : Dinas Kesehatan Provinsi Yogyakarta. 2013. Profil Kesehatan Provinsi Yogyakarta Tahun 2014. Yogyakarta : Dinas Kesehatan Provinsi Yogyakarta.

Artikel dalam Koran : Republika. 2017 (5 mei 2017) diunduh di http://nasional.republika.co.id tanggal 18 Agustus 2017.

Artikel dalam Jurnal : Sutikno E. 2011. Hubungan antara Fungsi Keluarga dan Kualitas Hidup Lansia. Med J Indones; 2011 : 2 : 73 – 9.g Studies, 52(11), pp.1678–1685.




DOI: https://doi.org/10.32536/jiak.v1i2.173

Article Metrics

Abstract view : 1656 times
PDF - 296 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL INOVASI ABDIMAS KEBIDANAN (JIAK)


Diterbitkan oleh:

AIPKEMA (Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Muhammadiyah-'Aisyiyah Indonesia)
Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292.
Telp. (0274) 4469199


Creative Commons License
This work (JURNAL INOVASI ABDIMAS KEBIDANAN (JIAK)) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.