Title:


Pelatihan pembuatan makan bento pada ibu-ibu pkk di Botokenceng Wirokerten Banguntapan Bantul


Author:


Mail Menik Sri Daryanti(1*)
Mail Elika Puspitasari(2)

(1) Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
(2) Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 131 | PDF views : 30

Abstract


Budaya jajan menjadi bagian dari keseharian hampir semua kelompok usia dan kelas sosial, termasuk anak usia sekolah dan golongan remaja. Hampir semua anak usia sekolah suka jajan (91,1%), selain nilai gizi makanan jajanan yang relatif rendah, keamanan pangan makanan jajanan juga menjadi masalah. Pada dasarnya anak-anak sekolah dasar kebanyakan suka jajanan dibanding makanan berat. Untuk mencegah anak jajan sembarangan, ibu bisa membuatkannya bekal dari rumah. Bekal makanan sehat yang bisa dibawa ke sekolah bisa dibentuk dalam bento supaya anak tidak bosan dan mau membawa bekal. Bentuknya yang unik dan penuh warna bisa jadi daya tarik untuk anak. Metode pelaksanaan kegiatan menjelaskan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan yang dilakukan adalah penyuluhan dan pelatihan pembuatan makanan bento untuk ibu – ibu PKK. Pada pengabdian masyarakat ini dipilih pada ibu – ibu PKK di Botokenceng Wirokerten Banguntapan Bantul karena komunitas ini menginginkan pendidikan kesehatan mengenai makanan sehat untuk anak. Dengan adanya penyuluhan dan pelatihan singkat pembuatan makanan bento untuk bekal makan anak di sekolah ini diharapkan ibu – ibu yang memiliki balita paham akan pemenuhan gizi seimbang untuk balita dan anak. Selain itu diharapkan juga frekuensi anak jajan sembarangan berkurang dan membawa bekal makanan sendiri.

Keywords


Pelatihan;makanan;bento;

Full Text:

PDF

References


Anita. 2006. Analisis Keamanan Pangan Jajanan Dan Upaya Peningkatan Mutunya. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Hidayat, Y dan Muharrami, L.K. 2014. Kecenderungan Pilihan Jajanan Pangan Anak SD Terhadap Jajanan Berformalin. Jurnal Pena Sains, Vol.1 No.2.

Ningrum, W & Wulan, N. 2017. Keamanan Pangan Anak Sekolah Dasar Di Kelurahan Pekajangan Kecamatan Kedungwuni Terhadap Persepsi Orang Tua Dan Guru. The Fifth Urecol Proceeding. UAD. Yogyakarta.

Nurbiyati, T, Wibowo, A.H. 2014. Pentingnya Memilih Jajanan Sehat Demi Kesehatan Anak. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan. Vo.3. No.3.

Qonita, N. 2010. Hubungan Kontribusi Energi Dan Protein Dari Makanan Jajanan Dengan Status Gizi Anak SDN 30 Labui Banda Aceh. www.scribd.com/nita_qonita. (akses tanggal 23 Oktober 2019 jam 13.00).

Sukatmi dan Firsada. 2012. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Jajanan yang Mengandung Zat Kimia Berbahaya Dengan Perilaku Jajan Anak. Jurnal AKP No.6.


Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF - 30 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






JURNAL INOVASI ABDIMAS KEBIDANAN (JIAK)


Diterbitkan oleh:

AIPKEMA (Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Muhammadiyah-'Aisyiyah Indonesia)
Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292.
Telp. (0274) 4469199


Creative Commons License
This work (JURNAL INOVASI ABDIMAS KEBIDANAN (JIAK)) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.