Title:


Kader sadar kanker payudara


Author:


Mail Fitria Siswi Utami(1*)
Mail Mei Muhartati(2)

(1) Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
(2) Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract views : 191 | PDF views : 62

Abstract


SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) merupakan salah satu jenis pemeriksaan yang relatif mudah dan efektif untuk mendeteksi dini kejadian kanker payudara. Kurangnya pengetahuan tentang SADARI menjadi salah satu hal yang dapat menjadi penyebab keterlambatan diketahuinya gejala kanker payudara. Mitra PKM adalah kelompok kader PKK Desa Puluhan Kidul, Trimurti, Srandakan, Bantul, Yogyakarta yang merupakan wilayah dengan kejadian kanker payudara cukup tinggi di wilayah Puskesmas Srandakan. Permasalahan mitra adalah belum pernah mendapatkan informasi mengenai kanker payudara dan peran kader sebagai penyambung informasi belum maksimal. Tujuan PKM adalah memberikan edukasi tentang deteksi dini kanker payudara dan membentuk KADER PLUS. Solusi yang ingin dicapai adalah meningkatnya pengetahuan wanita usia subur tentang deteksi dini kanker payudara dan membentuk KADER PLUS sebagai kepanjangan tangan Puskesmas dalam memberikan informasi kesehatan. Metode pelaksanaan adalah melakukan koordinasi dengan mitra, mempersiapkan materi dan media, melakukan penyuluhan, dan membentuk kelompok KADER PLUS. Hasil kegiatan PKM adanya peningkatan pengetahuan wanita usia subur tentang SADARI, terbentuknya KADER PLUS yang diambil dari kader Posyandu. , Simpulan solusi yang ditawarkan terlaksana sebagai upaya meningkatkan kesadaran deteksi dini kanker payudara.

Keywords


Kader;Kanker Payudara;SADARI;

Full Text:

PDF

References


Depkes. 2019. Kementerian Ksehatan. Retrieved from Kementerian Kesehatan Web site: www.depkes.go.id

Dinkes, B. 2017. Dinas Kesehatan Bantul. Retrieved from Dinkes Bantul Web site: www.dinkes.bantulkab.go.id

Khairunnisa, A., Wahyuningsih, S., & Nasihin, S. I. 2017. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Pemeriksaan Payudara Sendiri pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta. Jurnal Profesi Medika.

Montessori, Y. 2015. Pengaruh Penyuluhan Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dengan Metode Demonstrasi Terhadap Keterampilan Melakukan SADARI pada Siswi Kelas X SMAN 1 Imogiri Bantul. Naskah Publikasi. Retrieved from digilib.unisayogya.ac.id

Rofiah, S. 2017. Efektivitas Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Personal Hygiene Saat Menstruasi. Jurnal Ilmiah Bidan.

WHO. 2018. World Health Organization. Retrieved from World Health Organization Web site: www.who.int

Wirawan, S., Abdi, L. K., & Sulendri, N. K. 2014. Penyuluhan dengan Media Audio Visual dan Konvensional Terhadap Pengetahuan Ibu Anak Balita. Jurnal Kesehatan Masyarakat (KEMAS), 80-87


Article Metrics

Abstract view : 191 times
PDF - 62 times

Cited By

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






JURNAL INOVASI ABDIMAS KEBIDANAN (JIAK)


Diterbitkan oleh:

AIPKEMA (Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Muhammadiyah-'Aisyiyah Indonesia)
Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta, Jl. Siliwangi (Ring Road Barat) No. 63, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55292.
Telp. (0274) 4469199


Creative Commons License
This work (JURNAL INOVASI ABDIMAS KEBIDANAN (JIAK)) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.